Jumat, April 01, 2016

Pembelajaran Matematika

Henry E.Garret, sebagaimana dikutip oleh Sagala (2006: 13) berpendapat bahwa belajar merupakan proses yang berlangsung dalam jangka waktu lama melalui latihan ataupun pengalaman yang membawa pada perubahan diri dan perubahan cara mereaksi suatu rangsangan tertentu. Sejalan dengan itu Sanjaya (2008: 228) juga mengatakan bahwa “belajar adalah proses mental yang terjadi dalam diri seseorang, sehingga menyebabkan munculnya perubahan perilaku”.
Matematika menurut Reys, sebagaimana dikutip oleh Asep Jihad (2008: 152) diartikan secara simpel sebagai telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola berpikir, suatu seni, bahasa, dan alat. Ruseffendi, sebagaimana dikutip oleh Tim MKPBM (2001: 18) juga berpendapat bahwa matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran.

Kita dapat mengambil kesimpulan dari beberapa pendapat ahli diatas bahwa pembelajaran matematika merupakan proses yang berhubungan dengan pola pikir dan penalaran seseorang yang dapat membawa kepada perubahan tingkah laku. Menurut Bruner, sebagaimana dikutip oleh  Heruman (2007: 4) “bahwa dalam pembelajaran matematika, siswa harus menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang diperlukannya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar